Pencerah Hati

Ikhtisar untuk Menuju Hidup yang Lebih Baik

Sholat Khusyu’

Posted by abunaufal pada 26 September, 2006

Sumber: Masjid BPPT (Ustadz Anshori), taushiah ba’da sholat Dzuhur.
26 September 2006

Suatu ketika ada sahabat Rasulullah, setelah selesai melaksanakan sholat ditegur oleh beliau,”Sesungguhnya kamu belum sholat!”. Lalu orang itu mengulangi sholatnya. Setelah selesai, beliau kembali menegur dengan kalimat yang sama. Kejadian ini berulang sampai tiga kali.
Setelah kali yang ketiga itu, Rasulullah berkata,”Kalau kamu berdiri ketika sholat, maka berdirilah dengan tuma’ninah. Kalau kamu ruku’, ruku’lah dengan tuma’ninah”. Dan seterusnya sampai akhir ritual sholat.
Apa arti tuma’ninah itu? Tuma’ninah adalah tenang atau tidak tergesa-gesa. Maka sholatlah dengan tenang, dengan menghadirkan hati. Karena hakekat hati adalah lebih penting daripada sekedar ucapan kata yang keluar dari mulut.
Ada beberapa pengalaman yang pernah saya (baca: penceramah) lihat yaitu ketika orang menghadapi sakaratul maut, maka kalau orang itu semasa hidupnya sering menghadap Allah, maka seakan-akan nyawanya akan meloncat dengan sendirinya untuk kembali kepada Sang Pencipta. Tetapi jika orang itu berlumuran dosa selama di dunia, maka nyawanya seperti tertahan (terpenjara) dalam tubuhnya, dan sang malaikat akan mencabut nyawa itu dengan paksa.

Oleh karena itu, marilah kita berlatih untuk sholat khusyu’.

Wallahu a’lam bishshowab.

6 Tanggapan to “Sholat Khusyu’”

  1. haditsnya said

    Dari Abu Hurairah Radhiallahu anhu diceritakan bahwa seorang lelaki pernah masuk masjid dan shalat, sedangkan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berada di pojok masjid tersebut. (Seusai shalat) Ia mendatangi beliau seraya mengucapkan salam. Setelah menjawab salamnya, beliau bersabda : “Shalatlah kamu,sesungguhnya tadi kamu belum shalat “. Orang itu balik lagi dan kembali shalat. Lalu menemui beliau lagi dan memberi salam. Setelah menjawab salamnya, beliau bersabda lagi : “Shalatlah kamu, sesungguhnya kamu belum lagi shalat”. Pada kali yang ketiga lelaki itu berujar : “Tolong ajarkan aku”. Beliaupun bersabda : “Apabila kamu hendak shalat, maka berwudhulah dengan sempurna kemudian menghadaplah kearah kiblat dan bertakbirlah. Lalu bacalah ayat Al-Qur’an yang mudah bagimu, kemudian ruku’lah, hingga kamu tuma’ninah dalam ruku’. Lalu tegaklah berdiri, hingga kamu berdiri lurus. kemudian bersujudlah hingga kamu tuma’ninah dalam sujud. Lalu bangkitlah dari sujud hingga kamu tuma’ninnah dalam duduk. Kemudian bersujud lagi hingga kamu tuma’ninah dalam sujud. Kemudian bangkitlah dari sujud, hingga kamu tegak berdiri. Kemudian lakukanlah itu dalam shalat kamu seluruhnya”.

  2. tamu said

    klo sholat khusyu saya sulit, tapi klo thuma’ninah itu harus ya?😕
    thuma’ninah = tenang n tdk tergesa2… tapi klo saya ga bisa klo lama2 :p

  3. apakah khusyu’ hanya dapat diidentikkan dengan shalat? dalam al-qur’an khusyu’ lebih bermakna kepada sifat-sifat agung yang nantinya berarah juga ke pelaksanaan shalat,memang harus diakui bahwa istilah khusyu’ sangat berhubungan dengan shalat, akan tetapi menurut hemat saya khusyu’ tidak hanya sifat yang diharuskan hadir di dalam shalat akan tetapi lebih kepada pemaknaan khusyu’ diluar shalat. trimaksh…….

  4. dee said

    khusyu’ itu berarti total berserah dirinya y??? saia jg pnah membaca sebuah referensi: “Adapun masalah kontemplasi dan keterputusan hubungan saat shalat dengan dunia nyata, bukanlah hal yang dimaksud dengan khusyu’ itu sendiri.”

    terima kasih

  5. haso said

    apkah sholatnya harus diulangi klw tdk khusuk?

  6. haso s said

    apkah hrs mengulangi klw sholatx tdk husuk?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: