Pencerah Hati

Ikhtisar untuk Menuju Hidup yang Lebih Baik

Kisah Tukang Ikan

Posted by abunaufal pada 29 September, 2006

Sumber: Trans TV
28 September 2006, menjelang buka puasa.

Ada seorang tukang ikan yang datang ke saya (ustadz X, lupa namanya). Dia minta amalan apa yang harus dilakukan agar bisa menambah modal sehingga akan menambah keuntungan. Tapi saya bilang,”Apakah dengan menambah modal, maka keuntungan Bapak akan bertambah?”. “Oh iya Pak Ustadz. Bagaimana mungkin, kalau modal tidak bertambah, tapi keuntungan bisa bertambah?” kata tukang ikan menimpali saya.
Kemudian saya katakan pada dia bahwa untuk menambah keuntungan, dia harus menambah syukur kepada Allah, yaitu dengan cara memberi sedekah kepada orang lain. “Pak Ustadz ini bagimana sih? Ya nanti, modal saya malah berkurang donk, bukannya bertambah?!”. Dia bingung rupanya dengan kata-kata saya tadi.
Karena saya tetap bersikeras tidak memberikan amalan khusus bagi dia, akhirnya dia pulang. Ketika dalam perjalan pulang, rupanya dia merenungkan ceramah saya tadi, dan kebetulan waktu tiba di rumah, anaknya yang masih kelas tiga SD bercerita bahwa ada temannya yang dipanggil gurunya karena tidak bisa membayar
SPP. “Bilangin sama temanmu itu, Bapak yang akan membayar SPP dia bulan ini,”kata tukang ikan ini kepada anaknya.
Esok harinya ketika teman anaknya nyamperin ke rumah, tukang ikan itu memberikan uang
SPP untuk satu bulan ditambah dengan uang lima ribu rupiah. Sesudah itu, seperti biasanya dia pergi untuk berjualan ke pasar.
Tidak ada yang istimewa saat dia berjualan di pasar. Yang ada malah seseorang meminjam motornya (tukang ikan ini punya motor). Nah, inilah rupanya janji dan kebesaran Allah. Ketika motor itu dikembalikan, sipeminjam berkata,”Pak ini motornya saya kembalikan. Bensin udah saya penuhi. Dan ini, uang lima puluh ribu untuk Bapak.”
Alhamdulillah …….
Ketika kita dengan ikhlas memberi kepada sesama, maka Allah akan memberikan rejeki dan pertolongan dengan cara yang tidak disangka-sangka.

5 Tanggapan to “Kisah Tukang Ikan”

  1. ihsan said

    iya sih…gue juga sepakat…di buku mukjiza sedekah karya muhammad gue baca agak beragam juga macam sedeka itu..ya…

  2. toro said

    Allah punya kuasa, cuma kita terbutakan..
    hukum Allah ga bisa tersentuh oleh logika kita,

    Ikhlas kuncinya…

  3. madi said

    gmana tentang jodoh apa bisa

  4. onep said

    tidak ada yg tak mungkin ditangan allah kita ibarat anak ikan dilautan luas hanya kuasa allah yg bisa membuat kita bertahan

  5. Kisah inspiratif, kalo kita ingin segalanya…….maka segalanya kita berikan kepada yg membutuhkan/memerlukan……….karena segalanya Allah SWT yg akan mencukupkan segala keinginan kita. Dengan kata lain layani sesama, maka Allah pasti melayani kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: